Penjahat Perang Pengusir Umat Islam Bosnia, Bunuh Diri Minum Racun

Mendadak pengadilan Kejahatan Perang  di PBB geger, setelah mantan komandan pasukan Kroasia-Bosnia Slobodan Praljak,  tewas usai menenggak racun ditengah sidang yang sedang berlangsung. Den Haag (Rabu, 29/11).

Praljak sendiri adalah seorang politikus dan jenderal di Tentara Kroasia. Ia pernah terlibat dalam sebuah kampanye untuk mengusir umat Islam dari Bosnia pada awal 1990an.

Slobodan Praljak diketahui mengajukan banding atas hukuman yang diterimanya terkait kejahatan perang yang ia lakukan terhadap Muslim Bosnia. Ia didakwa terlibat dalam kejahatan pengusiran umat Islam Bosnia pada awal tahun 1990-an. Sang mantan komandan itu menenggak racun dari sebuah botol kecil yang dibawanya.

Hakim Ketua, Carmel Agius telah menolak banding yang diajukan Praljak dan membuat hukuman terhadap pria itu tak berubah. Ia diketahui dijatuhi hukuman 20 tahun kurungan penjara. Praljak pada dasarnya sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat sebelum akhirnya dinyatakan meninggal.

Sebelum ini, Vonis juga telah dikeluarkan kepada Mantan Kepala Militer Bosnia, Jenderal Ratko Mladic yang didakwa melakukan kejahatan Genosida saat pertempuran masih berkecamuk di bekas Yugoslavia itu. (fas)